Kenalkan..? Nama Lengkap Saya Rahmat Rahmadhani Ronaldo Azri Sering Disapa Dengan Nama Dhani Kesibukan Masih Kuliah Di Universitas Negri Padang Lahir Di jambi Muara bulian 27-03-1992 Untuk Hobby Saya Suka Membuat Blog dan mempelajari Komputer dan internet secara otodidak, Dll

Rabu, 30 Januari 2013

Beranda » » Software Peniru Suara Orang

0 Software Peniru Suara Orang

Gelombang Suara
Latar Belakang Pemikiran
Saya menulis artikel ini terinspirasi sebuah iklan dimana pengisi suaranya menirukan suara orang terkenal (Obama). Kita tahu bahwa ada orang yang bisa menirukan suara orang lain. atau ada burung beo yang jika dilatih bisa menirukan suara manusia. atau jika anda pernah menonton film kartun Conan, anda pasti tahu bahwa si detektif kecil mempunyai alat berupa dasi kupu-kupu yang bisa  menirukan suara orang.
Oleh karena itu, Saya sebagai seorang programmer pemula mempunyai pemikiran bagaimana jika membuat sebuah software atau perangkat lunak yang dapat menirukan suara orang lain yang dijadikan sebagai sample audio.
Tujuan Pemikiran
Adapun tujuan dari pemikiran saya ini adalah :
  1. Dalam bidang komersial. Dapet dijadikan sarana promosi produk. Artinya ini akan menggantikan cara konvensional yang biasa dilakukan oleh orang-orang advertising. yang biasa mencari orang yang mempunyai suara mirip dengan suara orang terkenal. kemudian menjadikan orang tersebut sebagai pengisi suaranya atau backsound. misalnya suara Obama, atau suara pidato seorang pahlawan.
  2. Dalam bidang keamanan. Bukan sebagai media untuk menyamarkan suara lagi, tapi sebagai peniru suara.
  3. Dalam bidang hiburan. Misalnya di sebuah tempat karaoke ada software seperti ini. jadi pengunjung bisa iseng-iseng mengubah output suaranya menjadi suara penyanyi terkenal.
Kerugian Software
Teknologi adalah 2 buah mata pisau. bisa digunakan untuk kebaikan juga bisa digunakan untuk kejahatan atau pelanggaran. menurut pemikiran saya beberapa kerugiannya diantaranya :
  1. Dalam bidang komersial atau hiburan. apakah tidak melanggar hukum atau hak cipta karena telah menggunakan suara orang lain.
  2. Dalam bidang hukum, Software ini bisa dijadikan alat ‘penipu’. misalnya ada orang yang menelpon dengan suara seorang presiden, atau seorang menelpon untuk memesan barang dengan menggunakan suara orang lain.
  3. Dalam bidang security. misalnya ada sebuah pintu otomatis menggunakan“BioIdentity” berupa pengecekan suara. maka orang dapat menggunakan software ini untuk menirukan suara orang yang mempunyai hak akses untuk masuk.
  4. Dalam bidang sosial, orang yang mempunyai suara mirip dengan suara orang terkenal tidak terpakai lagi jasanya.
Algoritma Software
  1. Masukan sample suara orang terkenal. bisa didapat dengan cara merekam langsung dari orang tersebut atau dari televisi atau radio.
  2. Software akan menganalisa gelombang  suara, intonasi, warna suara, logat.
  3. Software akan menyimpan semua parameter suara orang terkenal tersebut.
  4. Untuk menguji coba kemiripan suara, user mengetikan sebuah kalimat didalam software itu. misalnya kata “Halo Apakabar. Saya Obama”
  5. Software akan membaca kalimat tersebut, dan memasukan kalimat tersebut kedalam parameter suara orang terkenal.
  6. Output yang dihasilkan adalah suara Presiden Obama yang mengucapkan kata “Halo Apakabar. Saya Obama”.
  7. Bisa menyimpan hasil suara tersebut.
  8. Selesai.
Sekian artikel dari saya, hanya sebuah pemikiran saya semata. semoga bermanfaat untuk anda semua :)

Posting Komentar

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Flag Conter

Flag Counter
 

Uda Dhani Copyright ©2012
Template Created by: Uda Dhani